Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset,
dan Teknologi Nomor 246/E/O/2023 Tanggal 8 Maret 2023

Teken MoU dengan Desa Kertomulyo, USP Dukung Pemanfaatan Teknologi Pengolahan Pakan untuk Budidaya Bandeng

Pati, Universitas Safin Pati bersama Pemerintah Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil tandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU), Kamis (7/9/2023).

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh dosen Universitas Safin Pati di Desa Kertomulyo merupakan bentuk implementasi dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Desa Kertomulyo merupakan desa binaan ketiga Universitas Safin Pati. Sebelumnya USP telah meneken perjanjian kerjasama dengan dua desa binaan yaitu Desa Bageng (Gembong) dan Desa Guyangan (Trangkil).

“Alhamdulillah Desa Kertomulyo merupakan desa binaan ketiga dari USP. Semoga potensi yang ada di desa ini bisa dikembangkan dengan maksimal,”kata Rektor USP, Dr. Drs. H.Murtono, M.Pd.

Murtono menyebutkan Desa Kertomulyo yang notabene merupakan desa wisata memiliki prospek untuk berkembang ke depannya. Karena itu diperlukan perencanaan atau masterplan yang jelas.

“Bagaimana pengelolaan dari sisi sumberdaya manusia (SDM) yang profesional misalnya. Atau seberapa besar pendapatan (pemasukan )dari sektor pariwisata. Apakah selama ini sudah dihitung ?. Ini nanti perlu dikaji ulang baik teknis maupun akademis,” ujar Murtono.

Selain sebagai desa wisata, lanjut Murtono Kertomulyo juga memiliki potensi untuk pengembangan pertanian dan perikanan seperti tambak garam dan bandeng. Untuk tambak bandeng misal bisa dikembangkan tentang pemanfaatan teknologi pengolahan pakan.

“Insyaallah Universitas Safin Pati membantu untuk pengembangan pemanfaatan teknologi pakan bandeng yang efisien seperti apa. Kebetulan pak wakil rektor 1, beliau ahli di bidang itu,” ungkapnya.

Untuk sektor pendidikan, pria kelahiran asli Pati ini menyampaikan bahwa Universitas Safin Pati siap untuk berkolaborasi dengan madrasah aliyah-aliyah yang ada Desa Kertomulyo dan kecamatan Trangkil secara lebih luas. Termasuk memberikan beasiswa kuliah gratis bagi siswa-siswi madrasah asal Kertomulyo.

“Untuk Desa Kertomulyo secara khusus kami berikan kuota beasiswa sampai sebanyak 20 siswa tahun ini,” ungkapnya.
Pemberian kuota khusus bagi Desa Kertomulyo oleh Rektor Universitas Safin Pati mendapatkan apresiasi dari sejumlah yayasan pendidikan Islam yang menaungi Madrasah Aliyah di Desa Kertomulyo. Salah satunya dari Madrasah Aliyah Sirotul Ulum.

Kepala Desa Kertomulyo Karyo Busono, S.E. menyambut baik perjanjian kerjasama antara Pemerintah Desa Kertomulyo dengan Universitas Safin Pati. Ia berharap memalui kerjasama ini dapat ikut meningkatkan sejumlah potensi yang di miliki desa seperti potensi pariwisata, kebudayaan dan pengembangan UMKM.

“Setelah dilakukannya perjanjian kerjasama ini semoga bisa langsung action. Pemerintah desa sangat welcome terhadap keberadaan Universitas Safin Pati. Semoga kerjasama bisa kontinyu dan berkesinambungan,” ujarnya.
“Termasuk kami sangat mendukung sekali pemberian beasiswa bagi siswa-siswi asal Desa Kertomulyo untuk kuliah di Universitas Safin,” imbuh kepala Desa Kertomulyo. (Humas)

Tinggalkan Balasan